5 Simple Statements About perbedaan ram dan rom Explained

Wiki Article

Pada dasarnya, semakin banyak plan yang di instal dalam sebuah komputer, maka system tersebut akan semakin banyak menggunakan ruang Area RAM.

Komputer, seperti otak manusia, membutuhkan memori untuk menyimpan informasi yang dibutuhkan. Misalnya, manusia dapat menjumlahkan dua angka dan menghasilkan hasil berdasarkan metode yang telah dia pelajari dan hafalkan. Dengan cara yang sama, komputer perlu menyimpan metode dan informasi dalam memori untuk beroperasi.

Sedangkan fungsi ROM sebagai hardware yang berada di dalam sebuah komputer. ROM memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan informasi firmware

Sebelum mengetahui perbedaan RAM dan ROM, sebaiknya kita memahami dulu sekilas tentang keduanya. Berikut ulasan mengenai pengertian, jenis, fungsi serta cara kerja RAM:

adalah sebuah perangkat keras untuk penyimpanan knowledge yang bersifat sementara atau pendek. Sedangkan untuk pengertian ROM merupakan perangkat keras atau components yang dapat menyimpan info bersifat secara permanen.

Pada perangkat komputer ROM lebih sering dimanfaatkan untuk menyimpan firmware (file system yang ditanam dalam sistem operasi).

atau mudah menguap. Maksudnya adalah ketika details disimpan, ia akan hilang jika sumber atau catu daya yang terhubung dimatikan.

RAM yang memiliki kapasitas besar dapat memudahkan proses penyimpanan dan penerusan memori ke CPU. Dengan begitu, aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat. Sehingga perangkat komputer pun tidak terlalu berat dalam melakukan pekerjaannya.

Flash Memory ROM adalah sebuah ROM berupa chip yang berfungsi untuk menyimpan info meskipun electricity offer telah dimatikan. Jenis ROM ini lebih sering digunakan sebagai pengganti sebuah disket dalam penyimpanan data.

Untuk segi kepantasan SRAM lebih cepat daripada DRAM, karena DRAM memerlukan refresh beribu kali,kepantasan biasanya 60 kali sedangkan SRAM tidak perlu hal tersebut dan kecepatannya mencapai 10kali

Sesuai dengan namanya, “read-only”, information didalam ROM hanya dapat dibaca, tidak dapat diubah ataupun dihapus. Alasannya adalah karena information tersebut berisi informasi kode yang membuat komponen didalam komputer berjalan sesuai dengan mestinya.

Bisa dibilang, RAM ini adalah penyimpanan information sementara, karena ia hanya membaca facts saat perangkat dibuka dan digunakan.

Memang harga CD-RW ini bisa 2 sampai three kali lipat dari harga CD-R. Akan tetapi keuntungan menggunakan CD-RW adalah kita dapat menggunakannya lagi alias kita apa perbedaan ram dan rom dapat melakukan burning ulang. Rata-rata CD-RW yang beredar memungkinkan kita untuk melakukan rewriting information sampai four kali.

Firmware sendiri merupakan peranti lunak yang berhubungan erat dengan peranti keras. Knowledge-information dalam ROM berisi dari sekumpulan informasi kode untuk menjalankan komponen-komponen komputer dengan baik.

Report this wiki page